Waspada, Limbah B3 di Rumah Kita

Oleh Ayu Nindyapuspa

Ketika pertama kali mendengar kata limbah B3, kita pasti berpendapat bahwa limbah berbahaya tersebut selalu berasal dari kegiatan industri. Tapi, apakah kita sadari bahwa limbah B3 juga dapat ditemukan di lingkungan terdekat kita, bahkan di rumah kita sekalipun?

Pemakaian karbol untuk menguras bak mandi, parfum, hairspray, air freshener, obat nyamuk, pestisida untuk tanaman hias, merupakan barang-barang di rumah yang tergolong ke dalam limbah B3 rumah tangga. Peralatan elektronik di rumah seperti baterai bekas, lampu bekas, dan peralatan elektronik lain di rumah yang tidak terpakai lainnya juga tergolong ke dalam limbah B3. Selama ini, masyarakat umum tidak memisahkan pembuangan sampah rumah tangga dengan sampah B3, terutama sampah B3 yang ukurannya kecil-kecil. Meskipun konsentrasi pencemarnya sedikit, namun apabila diakumulasikan dengan jumlah sampah B3 dari rumah-rumah lainnya, maka sampah B3 tersebut dapat bersifat toksik yang dapat merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia.

Bagaimana solusinya? Solusinya adalah sedapat mungkin mengurangi pemakaian bahan yang dapat berpotensi menjadi limbah B3. Apabila terpaksa sekali harus menggunakan, maka kurangi jumlah pemakaiannya. Jika barang tersebut habis masa pakainya, maka buanglah secara terpisah dengan sampah rumah tangga biasa. Harapannya ke depan, akan ada peraturan mengenai pengelolaan sampah B3 rumah tangga, sehingga penanganannya lebih terarah dan lebih baik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s