Mengenal Secure Landfill

Oleh    : Ayu Nindyapuspa

Limbah B3 yang muncul akibat dari kegiatan manusia sehari-hari harus dikelola dan diolah dengan baik. Dalam artikel sebelumnya, salah satu jenis pengolahan limbah B3 adalah dengan cara solidifikasi. Hasil solidifikasi atau biasa disebut dengan produk S/S dapat dimanfaatkan menjadi paving untuk pejalan kaki atau dapat dibuang langsung ke dalam secure landfill.

Pembaca sekalian, apa sih yang disebut dengan secure landfill?

Secure landfill merupakan metode pembuangan limbah B3 dengan cara menimbun limbah B3 yang sudah tersolidifikasi atau dimasukkan ke dalam drum. Tujuan dibangunnya secure landfill adalah agar lindi yang terbentuk dari limbah B3 tersebut tidak keluar mencemari air tanah dan lingkungan sekitar. Agar tidak mencemari air tanah, dasar secure landfill dengan permukaan air tanah harus berjarak minimal 3 meter. Secure landfill dilengkapi dengan dua bahan pelapis yang kedap air, tujuannya agar lindi tidak merembes ke air tanah.

Selain lapisan yang kedap air, secure landfill juga dilengkapi dengan  pipa pengumpul lindi dan sumur pantau. Pipa lindi berfungsi untuk mengumpulkan lindi yang berasal dari limbah B3. Lindi yang terkumpul melalui pipa tersebut akan dikumpulkan dan diolah di Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL). Sumur pantau dibangun di dekat secure landfill untuk memantau apakah kualitas air tanah tersebut berubah atau tidak akibat adanya lindi yang berhasil lolos.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s