Mahasiswa menulis : Inovasi baru plastik “biodegradable”

Disusun oleh : Raras, Josua, Ida, Devi dan Chiata

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal dengan keindahannya. Namun sayangnya permasalahan sampah di Bali seolah merusak wajah indah pulau dewata. Sampah yang berserakan di pantai dan luasnya lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi ancaman bagi pariwisata Bali.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada sebuah produk yang bernama Avani Eco yang dikembangkan oleh Kevin Kumala, Kevin yang dibantu temannya membuat plastik ramah lingkungan dan mudah  terurai. Produk ini terbuat dari bahan dasar singkong dan tepung jagung, 100% menggunakan bahan alami dan tidak meninggalkan jejak residu beracun.

Hal tersebut dapat dibuktikan Kevin ketika menyobek sebagian kantong tersebut dan memasukannya dalam satu gelas air hangat. Air tersebut kemudian diaduk hingga kantong terurai. Untuk membuktikan keamanan kantong tersebut Kevin pun meminum air tersebut. Produk Avani Eco berbahan dasar singkong ini, di inovasi Kevin bertujuan untuk mempromosikan penggunaan tas bioplastik untuk mengalahkan plastik konvensional yang memiliki begitu banyak dampak terhadap alam. Produk Avani Eco diantaranya jas hujan, sedotan, cangkir kopi, tempat makan, dan alat makan dari kayu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s