Sampah dan Peran Serta Masyarakat

Tumpukan Sampah

Tumpukan sampah yang belum dikelola

[Ayu Nindyapuspa] Sampah telah menjadi permasalahan yang selalu muncul di kehidupan sehari-hari. Seluruh kegiatan manusia pasti akan menimbulkan sampah, baik itu dalam jumlah besar maupun sedikit. Selain dari kebiasaan masyarakat yang seringkali membuang sampah sembarangan, ada pula permasalahan yang tidak dapat dihindari: terbatasnya lahan tempat pembuangan akhir sampah.

Mungkin kita tidak tahu bahkan tidak mau tahu seberapa banyak sampah yang kita hasilkan setiap hari. Pernahkan kita berpikir akan kemanakah sampah yang telah dibuang? Apakah akan berakhir di sungai, jalan, atau di TPA? Jika sampah tersebut berasal dari satu individu saja, mungkin akan sedikit. Lantas, bagaimana kalau sampah itu berasal dari individu-individu lainnya, misal masyarakat satu kota, satu negara atau bahkan satu dunia ini? Pasti jumlahnya tidak terkira.

Kegiatan Pengomposan

kegiatan pengomposan sampah

Permukaan bumi tidak akan bertambah luas. Pertambahan penduduk yang pesat juga akan meningkatkan keterbatasan lahan. Hal ini berdampak pada keterbatasan lahan untuk sarana TPA. Sementara itu sampah yang dihasilkan semakin banyak seiring dengan bertambahnya penduduk. Menyalahkan pembuat kebijakan, dalam hal ini pemerintah, juga kurang tepat. Solusi yang dapat diterapkan saat ini adalah melibatkan peran masyarakat sebagai penghasil sampah, untuk mengelola dan mengolah sampahnya sendiri.

Hasil Daur Ulang

peran serta masyarakat dalam memanfaatkan sampah

Di Indonesia sendiri, peraturan tentang hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012, bahwa masyarakat penghasil sampah wajib untuk mengurangi jumlah sampah dan mengolah sampahnya sendiri. Oleh karena itu, pemerintah bersama dengan masyarakat berperan aktif dalam mengelola dan mengolah sampah. Hal-hal yang dapat masyarakat lakukan adalah dengan cara mengurangi sampah yang dihasilkan, melakukan pengomposan, daur ulang, dan lain-lain. Diharapkan dengan cara ini dapat mengurangi sampah yang ditimbulkan dan permasalahan keterbatasan lahan TPA dapat teratasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s