Ternyata masyarakat indonesia banyak yang sudah pandai membuat IPAL sendiri loh

[Rahmanu Eko H]. Penyediaan sarana dan prasarana air limbah permukiman pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, social budaya, dan kemiskinan. Hasil penelitian dan pengamatan terdahulu menunjukkan bahwa semakin mudah akses penduduk terhadap fasilitas sarana dan prasarana air limbah maka semakin kecil kemungkinan terjadinya kasus penyebaran penyakit.

Salah satu solusi dalam penyediaan sarana dan prasarana air limbah permukiman bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di lingkungan kumuh, padat penduduk, dan rawan sanitasi, adalah Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS). Fokus kegiatan SANIMAS adalah penanganan air limbah domestic atau rumah tangga khususnya tinja manusia, tetapi tidak menutup kemungkinan limbah yang mudah terurai misalnya limbah tahu, tempe, dan sejenisnya. Pada pelaksanaannya masyarakat memilih sendiri sarana dan prasarana air limbah permukiman yang sesuai dengan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang aktif menyusun perencanaan, pelaksanaan, serta Operasi dan Pemeliharaannya, dan bilamana memungkinkan untuk dikembangkan.

KSM Sejahera Ds Sengonagung PASURUAN

IPAL Komunal Program Sanimas Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sejahtera Ds Sengonagung Kabupaten Pasuruan

Program SANIMAS bertujuan meningkatkan dan menciptakan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara kelompok maupun perorangan serta turtut berpartisipasi memecahkan berbagai permasalahan yang terkait pada upaya peningkatan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Melalui program SANIMAS ini masyarakat merencanakan jenis sarana/prasarana air limbah yang diperlukan, melaksanakan pembangunan konstruksi, dan melestarikan hasil pembangunan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s