“Pengalaman Peserta Mahasiswa Berprestasi 2016 Tingkat Wilayah Kopertis VII dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya”

IMG-20160513-WA0009Hallo viewers, kenalin aku Fitria Agustina Suhada mahasiswa semester II jurusan teknik lingkungan di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Aku mau berbagi pengalaman selama proses seleksi mahasiswa berprestasi 2016 tingkat wilayah kopertis VII nih … J

Seleksi mahasiswa berprestasi adalah ajang pemilihan mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Disini seluruh perwakilan kampus berkompetisi sesuai dengan kemampuan mereka agar terpilih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat kopertis. Kalau kita menang, kita dikirim ke Jakarta sebagai perwakilah mahasiswa berprestasi kopertis VII untuk berkompetisi lagi di ajang nasional. Kira-kira seperti itu deh seputar mahasiswa berprestasi ….

IMG-20160513-WA0005Sebelum dilakukan seleksi. Masing-masing peserta wajib membuat karya tulis ilmiah, ringkasan bahasa inggris dalam bahasa PBB sebanyak 600-700 kata, dan video yang menceritakan tentang rangkuman dari karya tulis ilmiah yang kita buat.

Nah, bagian ini nih yang paling menguras otak, tenaga, dan waktu aku bersama tim mawapres dari kampus. Dengan waktu 2 hari sebelum hari H. Kami membuat KTI, ringkasan, dan video. Kenapa buatnya dadakan banget??? Yaa karena ada miss communication lah, biasa …. Hehehe. Tapi gapapa, anggap aja itu ibadah di semester II aku. Hehehe ….

By the way, KTI yg aku buat berjudul “Kedaulatan Pangan dengan Optimisasi Sumber Daya Maritim”, dalam KTI ini aku dan tim juga membuat inovasi pangan dari rumput laut.

Seleksi dimulai tanggal 13 sampai 15 Mei 2016. Seneng banget bisa ada dalam kesempatan ini. Menurutku mereka adalah kakak-kakak yang hebat dari perwakilan kampus masing-masing. Kenapa aku panggil kakak??? Karena di ajang ini aku adalah mahasiswa termuda se kopertis. Kebanyakan yang ikut itu udah semester 6 dan 8, dan aku masih semester 2. Grogi banget pas presentasi. Aku dapet nomor urut 4, trus presentasinya pakai bahasa inggris dan jurinya Profesor semua. Dag dig dug deh ….

IMG-20160525-WA0003Pas pengumuman, aku udah pasrah banget deh. Aku tau bakalan ga masuk 6 besar. Yaa karena banyak kekurangan dalam proses seleksiku. Seenggaknya aku dapet peringkat 35 dari 45 peserta. Gapapa yaa, buat pemula dan peserta termuda. Heheheee

Oh ya, ini pesanku untuk calon mawapres dari ITATS. Pertama, harus lolos seleksi tingkat kampus yaa. Kedua, siapin konsep KTI mu. Ketiga, perdalam bahasa inggrismu. Keempat, siapkan 10 piagam yang bisa nambahin nilai kamu pas seleksi. Tapi piagamnya dari tingkat Universitas loh yaa. Kelima, jaga kesehatan dan siapin mental juara. Keenam, banyak-banyak doa yaa.

Kurang lebih itu pengalaman aku selama seleksi mawapres 2016.

Semangat buat mahasiswa ITATS dan mahasiswa seluruh Indonesia

Salam Juara …..

IMG-20160525-WA0001Salam Juara,

Fitria Agustina Suhada

Leave a Reply

