Penerapan Enviromental Management System di Sekolah Dasar Afrika Selatan

 1262626413-Cape-Town-South-Africa-Africa-Cape-Town

(Achmad Chusnun Ni’am)

Akhir-akhir ini beberapa lembaga di sektor publik dan pendidikan seperi sekolah dan universitas mulai menerapkan Enviromental Management System seperti yang telah dilakukan oleh perusahaan dan industri dalam kesadaran mengurangi dampak lingkungan.

Menurut Hens et al. (2010a) pendidikan menjadi sangat penting untuk mempromosikan pengembangan berkelanjutan dan peningkatan masyarakat untuk mengelola lingkungan dan pengembangan isu maka muncul eco-schools programme yang dirancang untuk mendorong kurikulum yang berbasis tindakan untuk lingkungan yang sehat. Skema penghargaan bagi sekolah yang membuat komitmen untuk terus meningkatkan kinerja lingkungan mereka adalah akreditasi sekolah yang diakui internasional.

Enviromental Management System di sekolah didefinisikan sebagai sebuah sistem seperangkat tindakan dan ketentuan dalam menghitung, mencegah, dan jika memungkingkan membatasi pengguanaan sumber daya dan polusi yang dihasilkan oleh sekolah. Ketika diimplementasikan di sekolah, EMS harus memberikan wawasan dalam dampak nyata sekolah terhadap lingkungan, menunjukkan bagaimana sekolah dapat mengurangi dampaknya terhadap lingkungan,  mengidentifikasi aspek-aspek yang bisa berdampak pada lingkungan, melibatkan semua stakeholders sekolah dan mengembangkan berbagai pilihan untuk pengelolaan sumber daya yang optimal, memulai perubahan perilaku di sekolah, mengurangi pengeluaran sekolah pada sumber daya lingkungan (Hens et al. 2010b).

 

Ada 3 aspek Enviromental Management System di sekolah dasar, yaitu

  1. learning environmental
  2. aspek manajerial untuk pelaksanaan manajemen lingkungan
  3. pemeliharaan lingkungan pada mata pelajaran mana sekolah sebagai organisasi yang berdampak pada lingkungan

 

Afrika Selatan baru-baru ini menerapkan kurikulum baru di mana  lingkungan harus diintegrasikan di semua bidang pelajaran (Hens et al. 2010b). Afrika Selatan adalah negara berkembang dengan perbedaan antara sekolah di perkotaan (urban), pedesaan (rural) dan pemukiman informal (township) (Hens et al. 2010a). Penelitian yang dilakukan oleh Hens et al. (2010a,b) mengenai implentasi kinerja EMS dan monitoring EMS pada 39 sekolah dasar yang berada di Northern Gauteng (to the north-east of South Africa’s capital Pretoria) (Tshwane) dan Northern Province (Limpopo).

Sekolah-sekolah dasar di Afrika Selatan lebih memilih kinerja lingkungan terhadap air dan limbah daripada energi. Latar belakang sosio-ekonomi negara menjadi indikator, dimana permintaan energi di Afrika Selatan jauh lebih rendah dari negara OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) (terutama rural and township schools), energi menjadi isu yang kurang mendesak. Kenyataan yang terjadi kegiatan yang berhubungan dengan energi lebih menarik bagi sekolah-sekolah di negara maju daripada negara berkembang seperti Afrika Selatan, mungkin juga dikarenakan keterbatasan finansial di sekolah-sekolah Afrika Selatan sehingga biaya menjadi hambatan untuk tindakan-tindakan yang berkaitan dengan energi, seperti penggunaan tenaga surya dan baterai isi ulang (Hens et al. 2010b).

Lalu bagaimana kah dengan sekolah dasar yang ada di Indonesia?Adakah kesadaran dari diri kita masing-masing terhadap kinerja lingkungan dalam hal air, limbah, dan energi ketika berada di sekolah? Mari kita bercermin dari contoh baik yang diberikan oleh Afrika Selatan mengenai Enviromental Management System di sekolah

 

Daftar Pustaka

 

Hens, Luc., Torsten Wiedemann , Schalk Raath, Riana Stone,  Paul Renders, and Eric Craenhals, and Barry Richter. 2010a. Monitoring environmental management at primary schools in South Africa.Journal of Cleaner Production.18. 666–677

 

Hens, Luc., Torsten Wiedemann , Schalk Raath, Riana Stone,  Paul Renders, and Eric Craenhals. 2010b. Performance of newly implemented Environmental Management Systems in primary schools in South Africa.  Journal of Environmental Management.91.906–917

 

Sumber gambar : http://www.yukiba.com/2414-south-africa-africa-photo.html“Kids at the elementary school in Nyanga, Cape Town South Africa”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s