Hari Air Dunia 2016 : Water and Jobs, better water, better jobs

TWITTER_880x440_1b

(Taty Alfiah) Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Dunia (World Water Day), dimana setiap tahun peringatan Hari Air Dunia memiliki tema tertentu.
Pada tahun 2016, melalui situs resminya PBB telah mengumumkan bahwa Tema Hari Air Dunia adalah tema “Water and Jobs” – better water, better jobs.
Maksud dari tema tersebut adalah :


Diperkirakan 1,5 milyar orang bekerja pada bidang pekerjaan yang berkaitan dengan air atau seluruh pekerjaan membutuhkan air, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun para pekerja masih banyak yang belum mendapat perlindungan akan hak-haknya sebagai pekerja.
Setiap jam, 38 orang pekerja meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan air. Kematian tersebut dapat dicegah dengan air dan sanitasi yang baik.
Harapannya, air dengan kualitas yang baik dan kuantitas air yang mencukupi dapat mengubah kehidupan para pekerja juga lingkungannya bahkan dapat mengubah kehidupan ekonomi dan sosial.
Untuk mewujudkan air tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang cukup, diperlukan keterlibatan semua orang dalam mengelola sumber daya air yang ada saat ini.
Wujud nyatanya, apa yang bisa kita lakukan sehari-hari : bijak menggunakan air, berhemat air, tidak mencemari air dengan limbah cair dan sampah, menanam dan menjaga hutan, menjaga ruang terbuka hijau, dan masih banyak lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s