SUDAH SESUAI STANDARKAH TANGKI SEPTIK KITA?

septic

(Oleh :Arlini Dyah R.)

 Tahukah anda apakah tangki septic itu?

Mayoritas orang menyebut tangki septik dengan septic tank. Secara terminology tangki septic adalah tangki tempat penyimpanan yang bersifat septik. Apakah yang disimpan dalam tangki septik dan mengapa diberikan keterangan septik?

Pertanyaan-pertanyaan sederhana itu sebenarnya mengandung definisi yang signifikan dari tangkis eptik. Tangki septic merupakan tempat pengumpulan limbah tinja yang berasal dari kloset kemudian dialirkan melalui saluran perpipaan menuju tangki septik, dimana di dalam tangki septic tersebut limbah tinja yang terkumpul akan mengalami pengolahan. Jadi yang disimpan di dalam tangki septik adalah limbah tinja yang telah bercampur urine dan air siraman kloset. Tangki septic dibuat dengan konstruksi yang kedap, karenatangki septic berisi limbah tinja yang berbahaya bagi kesehatan manusia apabila terpapar oleh limbah tinja yang belum terolah. Konstruki yang kedap dari tangki septik menjadikan kondisi tangki septic ini menjadi septik, yaitu tidak menimbulkan potensi pencemaran bagi lingkungan sekitarnya.

Mayoritas masyarakat umumnya membuat sebuah tangki septik pada setiap rumahnya dengan konstruksi yang tidak kedap. Hal ini dapat dicermati dari lamanya waktu penyedotan tangki septik yang dimiliki. Masyarakat beranggapan bahwa tangki septik yang baik kualitasnya adalah yang mampu menampung tinja dalam waktu lama tanpa memerlukan penyedotan yang berkala. Padahal kondisi seperti inilah yang perlu dihindari. Apabila tangki septik tersebut mampu menyimpan limbah tinja dalam waktu lama tanpa dilakukan penyedotan, maka ada potensi bahwa tangki septic tersebut dibangun dengan konstruksi yang tidak kedap. Hal ini menimbulkan rembesan limbahtinjadaritangkiseptik tersebut ke lingkungan sekitarnya. Rembesan ini berpotensi terhadap pencemaran air tanah dan air permukaan yang berbahaya bagi kesehatan manusia, karena limbah tinja memiliki kandungan bakteri Faecal colli. Lalu bagaimanakah konstruksi tangki septik yang benar menurut standar?

 

Tangki septik yang sesuai standar adalah tangki septik yang dibuat dengan konstruksi kedap yang mampu menampung limbah tinja dari semua penghuni rumah dengan waktu penyimpanan selama 2 – 3 tahun. Artinya, bahwa tangki septic tersebut akan penuh dalam waktu 2 – 3 tahun, sehingga memerlukan penyedotan lumpur tinja di dalam tangki septik. Kondisi kedap tersebut dapat direkayasa melalui bahan yang digunakan untuk konstruksi tangki septik. Umumnya tangki septik berbentuk tabung dan dibuat dari bahan beton dengan ukuran dimensi sesuai dengan jumlah penghuni rumah yang dilayani. Dalam konstruksinya, bagian dasar dari tangki septic juga harus dibuat kedap. Saat ini, konstruksi tangki septik telah dikembangkan dalam bentuk fabrikasi dengan dimensi tangki tertentu sesuai permintaan calon pengguna. Adapun konstruksi tangki septik yang sesuai standar telah diatur oleh pemerintah dalam Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu SNI 03-2398-2002 tentang Perencanaan Tangki Septik dengan Sistem Resapan, dengan ilustrasi konstruksi sebagai berikut:

Setelah mencermati uraian dan ilustrasi di atas, lalu kita dapat membandingkan dengan tangki septik milik kita, sudah sesuai standarkah tangki septik yang dibangun di rumahkita?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s