Bagaimana mengalahkan rasa malas (kuliah)….

Social-Media-is-Making-us-LaZzzy

(Taty Alfiah)

Malas adalah cara hidup yang tidak sehat. Kita semua mudah terjebak dalam kehidupan yang dipenuhi dengan kemalasan dan tanpa semangat. Berikut ini beberapa tip untuk menyingkirkan kemalasan dari hidup kita dan menjadi manusia yang produktif.

Siap ?

BAGIAN I BADAN, PIKIRAN DAN SEMANGAT

Rasa malas menunjukkan kita tidak sepenuhnya peduli pada diri sendiri. Maka yang perlu kita benahi adalah :

  1. Tidur

Idealnya manusia perlu 8 jam tidur dengan pola yang teratur. Pola tidur yang berubah-ubah membuat kita kekurangan energi dan menjadi malas. Jadi rencanakan dan patuhi waktu tidurmu.  Pertahankan kebiasaan tersebut. Misalnya kamu mulai tidur jam 23 sampai jam 05. Karena harus kuliah jam 7 pagi, maka setidaknya kamu harus bangun jam 5. Bangun 2 jam sebelumnya cukup untuk bersiap kuliah.

  1. Cuci muka dan mandi

Bnagun tidur langsung cuci muka atau langsung mandi membuatmu segar dan bersemangat memmulai hari.

  1. Olah raga secara teratur

Meskipun hanya olah raga ringan, lakukan secara teratur. Olah raga akan melepaskan hormon endorfin yang memperbaiki moodmu, membuatmu bersemangat untuk mencapai target hari itu.

  1. Perhatikan asuman makananmu.

Bila tubuh kekurangan sayuran dan makanan sehat akan mempengaruhi energi. Kurangi atau hilangkan “junk food”  makanlah makanan sehat secara teratur.

  1. Cari bantuan

Bila kamu sudah menerapkan tip-tip di atas tapi tidak ada perubahan, mungkin kemalasanmu ada hubungannya dengan depresi. Maka kamu harus minta bantuan tenaga ahli, misalnya datang ke psikolog.

238411677_stop_making_excuses_xlarge

BAGIAN II PERBAIKI CARA BERPIKIR

Rasa malas biasanya terkait cara pandang kita terhadap diri sendiri maupun kehidupan. Berikut ini ada beberapa cara untuk memperbaiki mood.

  1. Bersihkan dan tata rumah, kamar kos, dan ruang kerjamu

Lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja yang tertata rapi dan tidak berantakan akan membuat pikiran kita tertata, tidak semrawut dan fokus. Tentunya akan membuat kita bersemangat dan produktif.

  1. Mulai hari dengan pernyataan positif pada diri sendiri

Misalnya : “ hari ini aku akan berhasil” ; “ hari ini aku akan menyelasikan tugas kuliah”; “hari ini akau akan asistensi skripsi” dan sebagainya.

  1. Dengarkan musik yang bersemangat

Lagu yang bersemangat, membuatmu bersemangat memulai hari

  1. Ubah lingkungan sekitarmu

Perubahan lingkungan akan berdampak pada produktifitas kita. Misalnya kita kos dimana teman-teman kos cenderung malas, suka begadang, suka memutar musik keras, maka kita secara tidak sadar akan ikut terbawa, kita tidak bisa belajar dengan baik. Maka pindahlah kos.

  1. Berada di lingkungan orang-orang produktif

Berteman dengan orang-orang yang produktif dapat membuat kita termotivasi dan bersemangat.

  1. Katakan sasaranmu

Tuliskan sasaranmu di tempat yang bisa kamu lihat tiap waktu. Ceritakan sasaranmu pada orang lain, maka orang tersebut akan menanyakan kemajuan usahamu tiap bertemu denganmu. Sehingga kamu akan fokus mencapai sasaranmu.

  1. Jangan Berbelit

Tidak perlu menunggu waktu yang sempurna untuk mencapai sesuatu. Mulai sekarang juga. Lakukan sekarang juga.

BAGIAN III PRIORITAS WAKTU

Bila kita punya banyak hal untuk dikerjakan, bisa jadi kahirnya kita tidak melakukan apa-apa. Berikut tip untuk mengoptimalkan waktu kita yang terbatas.

  1. Susun daftar aktifitas dalam sehari

Tuliskan apa saja aktifitas dalam sehari, sehingga kita bisa melakukan prioritas. Pilah aktifitas berdasarkan kelompok “harus dilakukan” ; “perlu dilakukan” dan “ingin dilakukan”.

  1. Lakukan bertahap dan fokus

Mulailah dengan aktifitas yang ringan atau yang kamu sukai, lalu lanjutkan pada aktifitas yang sulit atau tidak kamu sukai. Lanjutkan dan selesaikan aktifitas pada hari itu.

  1. Bagi tugasmu secara bertahap

Tugasmu akan tampak berat dan sulit dicapai bila hanya berfokus pada hasil akhir. Untuk memudahkan pencapaiannya, bagilah dalam tahapan-tahapan atau langkah-langkah kecil sehingga tampak mudah untuk dicapai

  1. Buat batas waktu atau “deadline”

Penyelesaian tugas, atau sasaran akan gagal bila kita tidak menetapkan batas waktu. Untuk itu, kita perlu menyusun jadual penyelesaikan tugas atau sasaran yang sesuai dengan diri kita. Bila tidak ada jadual, kita menjadi mudah lupa dan tidak fokus lagi.

 

Sumber : http://www.wikihow.com/Stop-Being-Lazy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s