Mengenal Limbah Elektronik

pembuangan limbah elektronik di cina

(oleh : Ayu Nidyapuspa)

Dalam dua dekade ini, penggunaan alat elektronik (gadget) meningkat secara cepat. Pertumbuhan laju penggunaan alat elektronik yang semakin pesat ini menyebabkan suatu alat elektronik menjadi cepat usang, sehingga menimbulkan keinginan untuk selalu memperbarui alat elektronik yang dimiliki. Peningkatan teknologi dan penggunaan internet menjadi salah satu alasan mengapa alat elektronik yang beredar di pasaran saat ini semakin banyak jenisnya. Nasib alat elektronik yang sudah tertinggal teknologinya akan berakhir menjadi limbah elektronik.

Pengolahan limbah elektronik di Cina

Limbah elektronik atau yang biasa disebut e-waste menjadi permasalahan yang kompleks di seluruh dunia. Hingga saat ini laju timbulan e-waste di seluruh dunia mencapai 40 juta ton per tahun. Sebagian besar alat elektronik tersebut mengandung logam berharga seperti emas atau perak. Pengolahan e-waste juga menjadi persoalan yang rumit karena e-waste termasuk ke dalam limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) dan penanganan limbah ini memakan biaya yang tidak sedikit.

e waste yang tidak terolah dibakar

Hingga saat ini, sebagian besar e-waste di negara maju diekspor ke negara lain. Sebanyak 80% diekspor melalui jalur laut, yang sebagian besar bersifat ilegal. Negara-negara penerima e-waste ini di antaranya Tiongkok, India, Ghana, dan Nigeria. Di negara-negara tersebut, e-waste diolah untuk mendapatkan logam berharganya. Sayangnya, pengolahan tersebut tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, gunakan teknologi secara bijak.

Jika alat elektronik yang lama masih bisa digunakan dan tidak perlu menggunakan teknologi yang terbaru, mengapa harus memakai yang baru?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s