5 Tanaman Hias Ruangan Pembersih Udara

[SN] Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan, namun ada juga yang dapat ditanam di dalam ruangan. National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan.

Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya. Sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya. Berikut tanaman hias yang sering kita jumpai di dalam ruangan yang ternyata memiliki kemampuan sebagai pembersih udara.

1. Lidah Buaya (Aloe vera)
Selain dimanfaatkan sebagai kosmetik dan makanan, lidah buaya mampu mengikat racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya. Benzene adalah bahan kimia yang berasal dari pembersih, cat, dan banyak lagi.

Gambar 1 Lidah Buaya“Gambar 1: Lidah Buaya”

2. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)
Lidah mertua merupakan tanaman penyerap racun dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Racun yang mampu diserap oleh Lidah mertua antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Bahkan hanya dengan 5 helai daun Lidah mertua dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.

Gambar 2 Lidah Mertua“Gambar 2: Lidah Mertua”

3. Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium)
Bunga krisan atau seruni adalah bunga warna-warni yang mampu hidup di dalam hingga 90 cm. Selain wangi, tanaman ini mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara. Tempatkan di dekat jendela yang terbuka dengan sinar matahari langsung karena tanaman ini menyukai cahaya terang untuk membantu tunasnya membuka.

Gambar 3 Bunga Krisan“Gambar 3: Bunga Krisan”

4. Sri Rejeki (Aglaonema crispum)
Tanaman evergreen cina atau di Indonesia lebih dikenal Sri Rejeki, selain mudah dirawat mempunyai kemampuan yang baik dalam membersihkan udara dalam ruangan dari berbagai polutan dan racun. Polutan yang mampu dibersihkan diantaranya adalah benzena dan formaldehida.

Gambar 4 Sri Rejeki“Gambar 4: Sri Rejeki”

5. Palem bambu (Chamaedorea seifrizii)
Palem bamboo merupakan salah satu tanaman palem. Tanaman ini dapat dibudidayakan dalam pot bahkan di dalam ruangan sekalipun. mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dalam menyerap polutan benzena dan trichloroethylene serta gas beracun formaldehida yang melekat pada furnitur.

Gambar 5 Palem Bambu“Gambar 5: Palem Bambu”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s