Tahun 2014, 132 kali Taman Nasional Baluran Terbakar

Oleh
Fitria Agustina Suhada
09.2015.1.00495

Africa Van Java adalah sebutan lain dari Taman Nasional Baluran yang berada di ujung timur pulau jawa. Disebut Africa Van Java karena secara fisik Taman Nasional Baluran memiliki keadaan hutan yang mirip dengan hutan di Afrika.

TN. BALURAN 2
Musim kemarau yang berkepanjangan di Indonesia menyebabkan hutan mengalami kekeringan. “Hingga terhitung pada tahun 2014 lalu, laporan kebakaran yang diterima Taman Nasional Baluran sebanyak 132 kasus dan menghanguskan 2005,90 Ha hutan. Kebakaran tersebut terjadi sejak bulan Mei hingga Desember. Kebakaran terakhir menimpa kawasan Labuhan Merak seluas 220,20 Ha”, kata Ade Suhada selaku Polisi Hutan di Taman Nasional Baluran

narasumberNara sumber Ade Suhada

Dikarenakan kawasan Taman Nasional Baluran memiliki savana yang sangat luas dan terdapat banyak sekali semak belukar, sehingga juga dapat memicu terjadinya kebakaran. Selain itu, peningkatan suhu menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan. Selain faktor vegetasi dan cuaca, kebakaran juga dipicu dari perilaku warga yang membuang puntung rokok ke area kawasan taman nasional. Warga memang sering masuk kawasan taman nasional, untuk menggembala ternak dan mencari kayu bakar. Apalagi kawasan taman nasional berada di antara jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi.

peta kerawanan Peta Kerawanan Kebakaran Hutan di TN. Baluran

“Sedangkan jumlah polisi hutan hanya 31 orang, tidak sebanding dengan luas Taman Nasional Baluran yang mencapai 25 ribu Ha. Sehingga perilaku warga yang membuang puntung rokok tidak selalu bisa diketahui”, tutur Ade Suhada. Kebakaran juga cepat meluas karena peralatan pemadam kebakaran terbatas. Balai hanya memiliki dua tangki air dan dua armada untuk memobiliasi petugas. Namun, kedua kendaraan itu tidak akan bisa menembus bila sumber api berada di topografi yang curam. Akibatnya petugas hanya memadamkan api dengan cara manual, yakni memukul-mukul daun gebang ke sumber api.

TN. BALURAN 3
Untuk memberikan edukasi kepada warga sekitar dan anggota pramuka yang termasuk dalam keanggotaan Saka Wanabakti TN. Baluran digelar kegiatan Apel Siaga Kebakaran Hutan. Apel ini diikuti oleh Manggala Agni Taman Nasional Baluran dalam bentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan (Brigdalkarhut) Bos Javanicus, Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api dan anggota Pramuka yang termasuk dalam keanggotaan Saka Wanabakti TN. Baluran.

Membakar hutan tak punya hati, membiarkannya tak punya nyali
(Fitria Agustina Suhada)

Kebakaran antara Dosa dan Bencana
(Narasumber~Ade Suhada)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s