Cara Sederhana Menghemat Listrik

[Sulistya Nengse] Apa manfaat menghemat listrik? Manfaat pertama biaya tagihan listrik menjadi lebih ringan. Manfaat paling besar kita telah ikut berpartisipasi mencintai bumi. Pembangkit listrik khususnya di Indonesia masih menggunakan bahan bakar fosil, hasil pembakarannya menyumbangkan emisi gas rumah kaca penyebab global warming. Jadi secara tidak langsung, kita juga menghemat penggunaan bahan bakar fosil.

69a05b24ac4bc0c78e6d7507252b0692

Apa saja hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik?
1. Pilih alat elektronik daya kecil
Misalkan beli setrika 300 watt saja, jangan beli setrika 500 watt atau lebih. Hal ini berlaku juga untuk alat elektronik lain, seperti lampu, microwave, mesin cuci, dll.

2. Cerdas menggunakan lemari es
Pilih lemari es sesuai kebutuhan, semakin besar kapasitas lemari es, semakin besar listrik yang dibutuhkan. Atur suhu lemari es agar tidak terlalu dingin, semakin dingin semakin menyedot daya listrik. Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es karena pemakaian listriknya menjadi semakin banyak. Matikan lemari es jika tidak digunakan dalam waktu lama.

3. Kurangi penggunaan kipas angin dan air conditioner (AC)
Bukalah ventilasi/jendela rumah untuk memperlancar sirlkulasi udara, bila perlu tanamlah pohon di sekitar rumah untuk menghasilkan udara sejuk sehingga mengurangi penggunaan kipas angin dan AC. Kalau memang membutuhkan AC, atur suhunya tidak terlalu kecil agar daya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

4. Gunakan tangki air
Gunakan tangki penampung air dan nyalakan pompa air hanya bila air di dalam tangki hampir habis. Lebih baik gunakan pelampung pemutus arus otomatik yang akan memutus arus listrik ke pompa bila air sudah penuh. Pilih pompa air sesuai kebutuhan dan yang memiliki efisiensi tinggi.

5. Lakukan pekerjaan rumah secara manual
Gunakan vacuum cleaner hanya untuk pekerjaan yang cukup berat, bila pekerjaan ringan gunakan sapu saja. Alat pengering mesin cuci gunakan pada saat mendung atau hujan, bila hari cerah dijemur saja.

Gambar 1 Menyapu“Gambar 1: Menyapu”

6. Cabut charger HP dan colokan TV
Meskipun tidak dinyalakan, TV dalam kondisi standby masih menyedot 80% dari daya listrik normal. Mencharge hp sepanjang malam, selain dapat merusak baterai hp juga boros listrik. Charger berisi kumparan, jadi selama terpasang akan terus memakai daya listrik sampai 30% dari normal daya listrik.

Gambar 2 Cabut colokan“Gambar 2: Cabut colokan”

7. Yang terakhir, matikan alat listrik bila tidak digunakan. Atur ruangan supaya cahaya matahari bisa masuk, sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, dan matikan lampu saat tidur.

Gambar 3 Matikan alat listrik“Gambar 3: Matikan alat listrik”

Sederhana untuk dilakukan bukan?
Yuk selamatkan bumi kita dengan menjadi “Generasi Hemat Listrik”.

Gambar 4 Generasi hemat listrik“Gambar 4: Generasi hemat listrik”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s