Kesadaran Lingkungan II (Studi Kasus di Kecamatan Genteng)

Oleh : Achmad Chusnun Ni’am, S.Si., M.T

Beberapa waktu yang lalu, kita sedikit mengulas mengenai kesadaran lingkungan di salah satu desa di Kabupaten Gresik. Kali ini, kita akan kembali membahas mengenai kesadaran lingkungan di salah satu kelurahan di Kota Surabaya. Kelurahan yang akan dibahas berada di wilayah pusat Kota Surabaya, yaitu Kelurahan Ketabang yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Genteng. Kelurahan Ketabang umumnya didominasi oleh pemukiman penduduk, kantor pemerintahan dan sekolah sehingga ramai akan transportasi yang melintas di Kelurahan Katabang. Beberapa wilayah Kelurahan Ketabang dilewati Kali Mas yang merupakan hilir dari Sungai Brantas. Selain itu, Kelurahan Ketabang memiliki beberapa ruang terbuka hijau, diantaranya Taman Prestasi, Taman Balai Kota, dan Taman separator jalan.
Wilayah Kelurahan Ketabang yang berada di tengah perkotaan memiliki potensi kepadatan lalu lintas dikarenakan tingginya intensitas kendaraan bermotor. Transportasi di kota-kota besar merupakan sumber pencemaran udara yang terbesar, dimana 70% pencemaran udara diperkotaan disebabkan oleh aktivitas kendaraan bermotor (Kusminingrum dan Gunawan, 2008).

Slide2Gambar 1. Aktvitas dari transportasi daerah Ketabang

Semakin meningkatnya transportasi dan aktivitas masyarakat merupakan bagian dari peningkatan kesejahteraan warga kota Surabaya telah menambah jumlah bahan pencemar dan telah menimbulkan penurunan kualitas lingkungan perkotaan. Kondisi lingkungan seperti Surabaya sangat diperlukan adanya keberadaan ruang terbuka hijau (RTH). Menurut IPB Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman, dan vegetasi (endemik, introduksi) guna mendukung manfaat langsung dan/atau tidak langsung yang dihasilkan oleh RTH.

 

Ruang terbuka hijau di Kelurahan Ketabang, antara lain Taman Prestasi, Taman depan Balai Kota, dan Taman separator jalan. Ruang terbuka hijau yang berada di Kelurahan Ketabang berada di wilayah strategis seperti berada di tengah keramaian jalur transportasi dan di tepi badan air. Ruang terbuka hijau yang berada di tengah keramaian jalur transportasi dapat menjadi peneduh dan filter dari pencemar dikarenakan adanya vegetasi yang memiliki daun yang lebat dan rapat. Pola persebaran ruang terbuka hijau di Kelurahan Ketabang berada pada badan air (Taman Prestasi) dan membujur (Taman depan Balai Kota dan Taman separator jalan). Hal ini merupakan pola sebaran ruang terbuka hijau yang baik untuk serapan karbondioksida.

Slide3Gambar 2. Beberapa ruang terbuka hijau yang berada di Kecamatan Genteng

Selain itu, kualitas lingkungan yang buruk terdapat di wilayah Kecamatan Genteng, yaitu di daerah Ngemplak. Hal ini dibuktikandengan kondisi pemukiman yang kumuh dimana aktivitas warga berdekatan dengan bibir kali yang menyebabkan terjadinya pencemaran air. Kali yang melintasi daerah Ngemplak terlihat tercemar, hal ini dapat dilihat dari kondisi air pada Kali yang berwarna putih dan terlihat tidak adanya biota akuatik yang hidup seperti ikan. Aktivitas masyarakat setempat yang melakukan pembuangan limbah rumah tangga di kali tersebut menyebabkan turunnya kualitas lingkungan terutama air. Didaerah tersebut juga ditemukan MCK dari warga yang menempati bantaran kali yang mengarahkan langsung pembuangan kotoran ke kali tanpa ada fasilitas septictank. Beberapa kejadian yang ditemukan dapat disimpulkan terjadi penurunan kualitas air. Pencemaran air dapat dihindari jika ada kesaradan diri pada masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas lingkungan dengan baik agar tercipta kondisi yang bersih dan sehat sehingga terhindar dar segala macam jenis penyakit. Selain itu, perlu peran serta pemerintah dalam memenuhi kebutuhan publik yang layak disekitar bantaran kali seperti MCK dan septictank.

Slide4Gambar 3. Pencemaran air daerah pemukiman Ngemplak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s