Menanam Secara Hidroponik, Yuk!

(Nasikhah Imamah) Hidroponik (latin; hydro = air; ponos = kerja) adalah suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan air sebagai media tumbuh yang utama atau lebih tepatnya menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu, dan lain-lain.

berkebun-hidroponik
Menanam tanaman secara hidroponik tidak dapat dilakukan untuk semua jenis tanaman, beberapa tanaman yang dapat ditaman dengan sistem hidroponik diantaranya: kangkung, paprika, tomat, cabai, pokcay, melon, bayam, dan selada. Tanaman tersebut ditanam dengan media larutan yang telah ditambahkan nutrisi tertentu. Beberapa kekhawatiran dalam menanam hidroponik adalah hasil tanam yang kurang sesuai, namun hal ini tetap perlu dicoba mengingat hasil tanam yang diperoleh bebas pestisida sehingga sangat aman untuk dikonsumsi pribadi.

botol aqua sistem wick

Wick-Systems1
Beberapa keuntungan menanan hidroponik diantaranya:
1. Laju pertumbuhan tanaman hidroponik bisa mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama. Alasan untuk ini adalah karena tanaman hidroponik langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya nutrisi.
Kondisi ini juga membuat tanaman tidak perlu akar besar untuk mencari nutrisi. Dan karena energi yang diperlukan untuk pertumbuhan akar lebih sedikit, sisa energi bisa disalurkan ke bagian lain dari tanaman.
2. Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, dan bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan air sebanyak berkebun secara konvensional. Air akan terus bersirkulasi di dalam sistem dan bisa digunakan untuk keperluan lain dan karena hidroponik tidak memerlukan penyiraman sama sekali.
3. Tanaman hidroponik mudah dalam pengendalian nutrisi sehingga pemberian nutrisi bisa lebih efisien dan membutuhkan pestisida lebih sedikit.
4. Erosi tanah juga tidak menjadi masalah karena hidroponik tidak membutuhkan tanah hanya menggunakan media air.
5. Relatif tidak menghasilkan polusi nutrisi ke lingkungan.
6. Mudah dalam memanen hasil.
7. Bebas dari tumbuhan pengganggu.
8. Media tanam dapat digunakan selama bertahun-tahun.
9. Bebas dari tumbuhan pengganggu/gulma.
10. Tanaman tumbuh lebih cepat sehingga memberikan hasil yang lebih banyak. Hasil tanam selain untuk digunakan kebutuhan pribadi dapat pula dijual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum.
11. Untuk keperluan hiasan, pot dan tanaman akan relatif lebih bersih. Sehingga untuk merancang interior ruangan dalam rumah akan bisa lebih leluasa dalam menempatkan pot-pot hidroponik. Bila tanaman yang digunakan adalah tanaman bunga, untuk bunga tertentu bisa diatur warna yang dikehendaki, tergantung tingkat keasaman dan basa larutan yang dipakai dalam pelarut nutrisinya.
Selamat bertanam hidroponik, hasil tanam aman sehat dan higienis!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s