Mengintip Sungai di Korea Selatan

Oleh Indah Ardiningsih

6aSalah satu sungai yang juga berhasil di revitalisasi di Kota tempat saya tinggal dulu, Gwanggju, Korea Selatan. Kota ini juga dapat sebutan kota Pahlawan, seperti Kota Surabaya. Pada tahun 1980an, Kondisi sungai ini juga tidak jauh berbeda dari sungai-sungai di surabaya sekarang, saat ini sungainya sudah sehat kembali
Siapa sih yang enggak tau smartphone dengan brand ”Samsung”??Anak muda mana sih yang enggak tau istilah “K-POP”??? Hampir semua muda-mudi Indonesia dilanda demam K-POP, bahkan di usia sekolah dasar sekalipun banyak sekali yang sudah dilanda demam K-POP. Demam yang satu ini berasal dari negeri Ginseng, Korea Selatan. Akhir – akhir ini, negeri ginseng ini tak hanya menuai popularitas di Indonesia, bahkan di seluruh dunia sekalipun. Beberapa tahun yang lalu, demam K-Pop ini juga melanda Amerika dengan lagu yang dibawakan oleh penyanyi yang bernama PSY, dengan judul lagu “Gangnam Style”. Dengan lirik dan backround musik yang unik, tarian Gangnam style ini berhasil menghipnotis dunia.


Di luar hingar bingar K-POP dan dunia industri hiburan, banyak hal positif dan menarik yang bisa dicontoh dari negeri ginseng ini, salah satunya adalah cara warga Korea Selatan menjaga kelangsungan lingkungan mereka. Seperti halnya Indonesia dan negara – negara lain di Dunia, Korea Selatan juga mengalami masa – masa Industrialisasi, saat itu banyak sekali limbah industri dan limbah domestik yang mencemari lingkungan terutama sungai – sungai besar di Korea Selatan. Namun tak lama kemudian, sekitar tahun 1990-an, dengan dukungan penuh dari masyarakat, pemerintah Korea Selatan berhasil melakukan revitalisasi sungai. Hanya dalam jangka waktu kurang dari 20 tahun, sungai di Korea Selatan yang dulu penuh dengan sampah rumah tangga dan limbah industri, kini berhasil di revitalisasi menjadi sungai yang sehat.
Salah satu sungai terbesar di Korea Selatan yang terletak di Kota Seoul “Sungai Han”, terdapat banyak tempat untuk berwisata mulai dari hulu ke hilirnya. Wisata sungai ini tak hanya memberikan hiburan di air untuk warga sekitar, daerah sepadan sungainyapun sekarang bisa dijadikan taman untuk bersepeda santai maupun menikmati udara pagi maupun sore hari. Salah satu alternatif wisata murah yang menyehatkan. Di tengah Kota Seoul, terdapat sungai kecil yang dulu, sekitar tahun 1980an beralih fungsi menjadi parit, saat ini aliran sungai itu berhasil menjadi salah satu atraksi wisata di kota seoul “Cheonggyecheon Stream”, bahkan tiap tahunnya, tempat ini selalu laris pengunjung saat diadakan festival lampion. Yuk intip foto – foto sungai – sungai di Korea Selatan, siapa tau bisa menginspirasi kita, melakukan hal yang sama untuk menyelamatkan sungai di sekitar kita, at least we are not disposing rubbishes on the river, even just small one, for example like the candy wrap.

1aBanpo Bridge : Air mancur berwarna warni yang terletak di hulu sungai Han, Seoul. Air macur ini bisa dinikmati setiap malam setelah pukul 19.00 WKS (waktu Korea Selatan)

2aHiburan lain sekitar sungai Han, tepat di sekitar Banpo Bridge

3aSuasana malam pada saat festifal lampion di sekitar Cheonggyecheon Stream

?

Suasana malam pada saat festifal lampion di sekitar Cheonggyecheon Stream

5Suasana siang di Cheonggyecheon Stream (Kabarnya tempat ini sekarang sudah menyediakan sarana “Charger Handphone gratis” yang energinya di dapat dari aliran sungai ini)

6aSalah satu sungai yang juga berhasil di revitalisasi di Kota tempat saya tinggal dulu, Gwanggju, Korea Selatan. Kota ini juga dapat sebutan kota Pahlawan, seperti Kota Surabaya. Pada tahun 1980an, Kondisi sungai ini juga tidak jauh berbeda dari sungai-sungai di surabaya sekarang, saat ini sungainya sudah sehat kembali

Sebagai tambahan informasi yang cukup menarik, Korea Selatan merdeka dari penjajahan Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, hanya berjarak 2 hari dengan Kemerdekaan bangsa kita. Dengan umur kemerdekaan yang hampir sama, jika sekarang Korea Selatan mampu menjadi macan Asia Bahkan Dunia, seharusnya kita juga bisa ^_^.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s