Vapour Desalination Technology

[Maritha Nilam Kusuma] Kawasan pesisir memiliki tingkat sanitasi rendah dan diperparah dengan kondisi komponen dasar rumah yang minim. Hal tersebut mengakibatkan munculnya penyakit yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan.

pemukiman-2
Penyakit yang sering diderita oleh masyarakat sekitar adalah diare, penyakit kulit dan ISPA. Diare dan pengakit kulit disebabkan oleh sarana sanitasi yang sangat buruk. Dimana mereka mengunakan air seadanya untuk kegiatan MCK dan Minum. Air seadanya yang dimaksud adalah air laut sendiri dan air tawar dari PDAM yang dijual secara komersil dengan menggunakan jerigen. Dimana keadaan jerigan tersebut sangat memperihatinkan karena ditumbuhi sejenis bryophyta yaitu lumut.
Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknologi yang mampu mengolah air laut menjadi air tawar dengan mengunakan Vapour Desalination.

13309970883993b7

Sistem kerja alat ini adalah menguapkan air laut kemudian air yang terkondensasi ditampung sebagai air terolah. Mungkin akan ada penelitian lanjutan tentang kemampuan alat tersebut untuk mengolah air yang dapat digunakan untuk kebutuhan 1 org per hari dan kebutuhan energi yang digunakan.

Teman- teman teknik lingkungan mari merekayasa alat ini.

sumber : roplant.org ; dormiret.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s