Pemanfaatan air laut

Indonesia memiliki sumber air laut yang melimpah. Namun, kerap kali sering kita jumpai terjadi krisis air ketika mengalami musim kemarau

Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah memanfaatkan air laut menjadi air bersih. Sebuah teknologi pengolahan air laut menjadi air bersih, salah satunya telah diciptakan oleh salah satu perguruan tinggi di Semarang yang diberi nama  Ocean Windmill Desalinator (Omitor)

Omitor

Teknologi yang diciptakan tersebut memiliki konsep desalinasi dengan menggunakan metode evaporasi yang menggunakan cahaya matahari sebagai pemanas dan angin sebagai penggerak pompa

Air laut dipompa menuju tangki menggunakan pompa bertenaga kincir angin. Kemudian, sinar matahari digunakan sebagai pemanas air laut. Secara perlahan, akan terjadi penguapan air laut dan uap akan tertangkap pada atap Omitor. Uap air akan mengalir menuju tempat penampungan.

Teknologi ini memberikan solusi kepada kita semua untuk memanfaatkan air laut ketika mengalami krisis air di musim kemarau.

 

(sumber : mongabay.co.id)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s