……… Menurut saya dengan masuk ke Jurusan Teknik lingkungan rasa cinta dan peduli pada lingkungan itu muncul tanpa kita sadari ……….

DSC_0866aOleh : Ade Wahyu Achmad Miyana
Apakah kalian tidak pernah berfikir atau berangan-angan untuk mewariskan alam yang asri dan lingkungan yang sehat kepada generasi kita? Menurut saya dengan masuk ke jurusan Teknik lingkungan rasa cinta dan peduli pada lingkungan itu muncul tanpa kita sadari (ini yang saya rasakan selama ini sebagai mahasiswa Teknik Lingkungan).

Karena menurut saya dalam jurusan ini kita diajarkan untuk dapat care dan peduli terhadap lingkungan walau pun masuk ke jurusan Teknik Lingkungan bukan satu-satunya cara agar kita data peduli terhadap lingkungan tapi dalam teknik lingkungan inilah kita lebih paham pentingnya peran serta kita dalam menjaga dan melestarikan lingkugan itu sendiri demi terciptanya kehidupan yang lebih baik


Nama saya Ade Wahyu Achmad Miyana, saya mahasiswa baru jurusan Teknik Lingkungan, mungkin banyak dari kalian yang masiih belum menggenal apa itu teknik lingkungan itu, apa saja bidang studinya, dan dimana saja peluang kerjanya dari alumnus Teknik Lingkungan ????
Teknik Lingkungan atau yang sering juga di singkat “TL”, ialah salah satu cabang ilmu yang menerapkan pemikiran dan teknik serta manajemen untuk memelihara kesehatan dan keselamatan manusia serta lingkungan secara keseluruhan. Mata kuliah dari jurusan ini mencakup berbagai hal mulai dari Penilaian dampak lingkungan (AMDAL), penyediaan air bersih, pengolahan air minum, pengelolaan dan pengolahan limbah cair, pengelolaan kualitas udara, kesehatan dan keselamatan kerja dan banyak lagi.

save-environment
Berbicara mengenai peluang kerja dari jurusan teknik lingkungan banyak sekali karena di Indonesia sendiri ahli dalam bidang pengelolaan lingkungan masih minim, karena itu menurut saya peluang kerja dari jurusan teknik lingkungan masih sangat banyak sekali, mulai dari instansi pemerintahan seperti badan lingkungan hidup [BLH], Bappeda, Dinas pekerjaan umum Cipta Karya, PDAM, dll atau ke dalam sektor swasta seperti perguruan tinggi swasta (PTS), bagian pengolahan limbah dalam sebuah pabrik/industri semen, pabrik/industri pupuk, pabrik/industri petro kimia, pabrik/industri tekstil, pabrik/industri kertas, konsultan teknik, kontraktor teknik, pertambangan, dan banyak lagi lainnya.
Mengingat prospek kerja yang sedemikian banyak dan program dari pemerintah dalam berbagai hal yang menekankan untuk GO-GREEN maka menurut saya tanpa mengenyampingkan dari jurusan yang lain, jurusan Teknik Lingkungan lah yang prospek kerja atau peluang kerja yang paling banyak. Karena dapat masuk ke berbagai bidang usaha/industri.
seorang ahli teknik lingungan pernah bilang :

“hanya dalam lingkungan yang sehat manusia dapat berkembang secara baik, dan hanya dalam manusia yang sehat pula lingkungan dapat berkembang secara baik”

maka marilah kita menjani manusia yang dapat berguna bagi lingkungan agar dapat mewariskan lingkungan yang asri dan air yang bersih bagi generasi penerus kita. Tapi ingat air bersih dan jernih yang terus keluar dari alam yang asri bukan air mata yag keluar dari perasaan hati yang kecewa atas prilaku yang kita lalukan terhadap alam selama ini.

—- o0o —

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s