Terumbu karang buatan

Oleh KRISTOFORUS KELAMALA

Pengertian

Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanhellae.

Istilah Terumbu karang buatan ini adalah Fish Agregation Devise (FAD) yaitu suatu cara mengubah suatu perairan yang sepi ikan menjadi perairan yang banyak ikan dan memperbaiki tutupan terumbu karang yang telah rusak.

Peran Terumbu Karang

Ditinjau dari aspek konservasi, terumbu karang mempunyai fungsi dalam hal pemeliharaan proses-proses ekologis dan sistem penyangga kehidupan di wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, habitat berbagai jenis biota sehingga berfungsi sebagai pengawetan keanekaragaman hayati dan plasma nutfah. Keberadaan terumbu karang merupakan benteng alamiah yang melindungi pantai dari bahaya erosi dan abrasi karena mampu meredam energi gelombang sebelum mencapai pantai.

Ekosistem terumbu karang juga merupakan ”pabrik alam” bagi terbentuknya pasir putih.  Ditinjau dari aspek produksi, keberadaan ekosistem terumbu karang memberi manfaat yang besar bagi pemenuhan kebutuhan pangan, bahan baku industri dan menopang mata pencaharian masyarakat pesisir melalui kegiatan perikanan. Ekosistem terumbu karang merupakan habitat berbagai biota laut bernilai ekonomis penting. Peranan terumbu karang dalam menunjang perikanan setidak-tidaknya dapat dilihat dari tiga aspek yaitu penangkapan ikan secara langsung di dalam ekosistem terumbu karang, penangkapan ikan di sekitar terumbu karang dan penangkapan ikan di laut lepas yang produktivitasnya didukung oleh keberadaan ekosistem terumbu karang.

Sementara itu ditinjau dari aspek rekreasi dan pariwisata, ekosistem terumbu karang memberi kontribusi yang signifikan bagi kemajuan pembangunan pariwisata khususnya pariwisata bahari.

Kerusakan ekosistem terumbu karang selain disebabkan oleh cara-cara pengelolaan yang salah, juga sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia yang tidak memperhatikan aspek kelestarian sumberdaya berkelanjutan dan berbasis masyarakat.

Terumbu Karang Buatan

Manfaat Terumbu Karang Buatan adalah:

  • untuk pemulihan kembali terumbu karang yang telah rusak
  • pemanfaatan terumbu karang secara lestari
  • perluasan terumbu karang
  • pendidikan, tujuan pariwisata
  • meningkatkan kepedulian masyarakat akan status terumbu karang
  • untuk tujuan prikanan, dan penelitian.

Contoh Kasus Terumbu Karang Buatan

Jenis media terumbu karang yang akan ditanam di desa Penutukan Kecamatan Tejakula melalui kelompok pelestari pencinta alam bawah laut Taman Segara. Yaitu jenis hexsadome atau fishdome mungkin arti harfiahnya (rumah ikan) yaitu terumbu karang buatan yang berbahan dasar dari semen dan pasir yang didesain mirip berbentuk kubah atau stupa bola-bola yang berlubang enam dengan lingkarang lingkaran kira-kira sekepalan tangan dewasa bisa masuk ke lobang-lobang yg dibuat sedemikian rupa. Disamping itu juga yang sudah ditanam jenis Roti Buaya adalah artificial reef atau terumbu karang buatan yang bahan dasar sama dengan hexadoom yang didesain mirip dengan terumbu karang dilaut, oleh masyarakat dikatakan memiliki bentuk mirip roti buasa sehingga oleh para nelayan dikenala dengan nama terumbu buatan “Roti Buaya”.

 Contoh-contoh Terumbu karang buatan

gambar_prosedur1gambar_prosedur2

contoh modul terumbu buatan Wire Block, Wire Mesh Frame dan Reefblock serta contoh perkembangannya (sumber :http://www.satumilyarkarang.com/prosedur.php)


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s