Kasus kematian ikan

IMG_5673 maria elvia-1Maria Elfia Da Costa Tavares

Pengertian
Kebinasaan ikan atau kematian ikan massal (fish kill, fish die-off) adalah Gejala kematian populasi ikan dan hewan laut pada umumnya secara lokal.
Kebinasaan ikan dapat menjadi gejala awal dari tekanan terhadap kualitas lingkungan. Berbagai spesies ikan memiliki toleransi yang begitu rendah terhadap perubahan kondisi lingkungan dan kematian ikan-ikan tersebut dapat menjadi indikator masalah lingkungan di habitat mereka.

 


Penyebab utama
Penyebab utama adalah berkurangnya oksigen di dalam air, yang dapat terjadi karena berbagai hal seperti kekeringan, ledakan alga, populasi berlebih, atau peningkatan temperatur air. Penyakit dan parasit ikan juga mampu menyebabkan kebinasaan ikan. Keracunan akibat pencemaran air juga dapat menjadi penyebab namun jarang terjadi.
Contoh Kasus kematian ikan
Kebinasaan ikan mas di Danau Albert (New South Wales)
Penyebabnya adalah karena berkurangnya oksigen sehingga ikan-ikan tersebut mati. akibat tekanan pada lingkungan Oksigen masuk ke air melalui difusi. Jumlah oksigen yang dapat terlarut oleh air amat ditentukan oleh tekanan atmosfer, temperatur air, dan kadar garam. Secara kimiawi, peningkatan kadar garam dan temperatur mengurangi tingkat kelarutan oksigen, sehingga kadar oksigen di dalam air dapat berfluktuasi sepanjang hari karena keberadaan dan sudut datang cahaya matahari serta cuaca.
Dampak terhadap Lingkungan
kematian ikan-ikan tersebut dapat menjadi indikator masalah lingkungan di habitat mereka. Lingkungan tempat mereka tinggal juga memiliki hubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan sumber daya alam yang terkait dengan manusia, seperti air minum, dan juga terkait dengan kehidupan hewan dan tumbuhan lainnya.
Cara Menanggulanginya
Menjaga laut agar tidak tercemar,dan jangan membuang sampah ke laut sehingga sinar matahari bisa tembus ke dalam air dan menggurangi kadar garam pada air laut agar Oksigen bisa berjalan sesuai kebutuhan yang di butuhkan oleh ikan-ikan tersebut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s