Air minum diolah dari air laut di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

swro mandangin 2

Proyek percontohan SPAM SWRO (Sistem Penyediaan Air Minum Sea Water Reverse Osmosis) adalah teknologi pengolahan air laut menjadi air minum yang telah berhasil dilaksanakan di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Proyek tersebut merupakan proyek percontohan dari Kementerian PU untuk memberikan pelayanan air minum di pulau-pulau yang sangat membutuhkan air minum namun tidak memiliki sumber air selain air laut.

SPAM SWRO di Pulau Mandangin dibangun oleh APBN dengan nilai dana sekitar Rp 11 miliar. SPAM-SWRO itu memberikan akses terhadap kebutuhan air minum bagi 5.760 KK atau 18.700 warga yang ada di Pulau Mandangin.

depo swro mandangin

Sebelum adanya SPAM-SWRO, kebanyakan penduduk setempat memanfaatkan tampungan air hujan untuk keperluan minum dan masak. Sedangkan untuk mandi dan cuci, warga menggunakan air dari sumur gali dengan kondisi air yang payau. Sedangkan di saat musim kemarau, penduduk terpaksa membeli air bersih dengan harga Rp 1.500 per galon atau setara Rp 75.000/m3. System ini juga dilengkapi dengan sambungan rumah (SR) yang ditargetkan tercapai 300 SR.

 Instalasi Pengolahan Air teknologi RO di Pulau Mandangin saat ini baru memperoduksi air dengan kapasitas lima liter per detik. Namun sistem ini menurutnya dirancang untuk bisa ditingkatkan menjadi 10 liter per detik, bergantung dari kebutuhan masyarakat Mandangin yang berjumlah 12 ribu jiwa.

 spam swro mandangin

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) kembali akan dibangun pada enam pulau di tahun 2014, :

  1. Pulau Lembongan Kabupaten Klungkung (Bali),
  2. Pulau Tanakkeke Kabupaten Takalar (Sulawesi Selatan),
  3. Pulau Ende Kabupaten Ende (NTT),
  4. Pulau Palue Kabupaten Ende (NTT),
  5. Pulau Bunaken Kota Manado (Sulawesi Utara),
  6. Pulau Maratua Kabupaten Berau (Kalimantan Timur).

 

Sumber tulisan : http://ciptakarya.pu.go.id, http://www.ditpam-pu.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s