Kota-kota yang ramah bagi pengendara sepeda tahun 2013

Bicycle-Lane

Kegiatan bersepeda, selain menyehatkan jasmani pengayuhnya, ternyata dapat mengubah bagaimana sebuah kota dibangun dengan benar. Kota-kota di Eropa seperti Amsterdam, Copenhagen, Utrecht, Seville, Bordeaux, terus “merevolusi” dirinya menjadi kota yang ramah bagi pesepeda. Hingga kemudian diganjar penghargaan sebagai lima kota terbaik paling akomodatif terhadap pengayuh sepeda dari Copenhagenize Index 2013.

Copenhagenize merupakan perusahaan konsultasi dan komunikasi yang mengkhususkan diri dalam segala hal yang berhubungan dengan bersepeda. Perusahaan memberikan penghargaan Copenhagenize Index berupa pemeringkatan terhadap kota-kota ramah sepeda di dunia.

Amsterdam meraih penghargaan dengan skor tertinggi yakni 83. Amsterdam unggul hampir di semua kategori. Kategori itu termasuk advokasi, budaya sepeda, fasilitas bersepeda, infrastruktur, program berbagi sepeda, gender split, berbagi modal, meningkatkan pangsa modal sejak tahun 2006, persepsi keamanan, politik, penerimaan sosial, perencanaan kota, dan lalu lintas yang menenangkan. Desain infrastruktur kota ini dirancang sangat kompak. Menandakan bahwa kemauan politik para pemangku kepentingan sangat positif dalam memperhatikan warganya. Mereka secara berkala memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana kota. Amsterdam kini menambah zona aman bagi para pesepeda sepanjang 30 kilometer. Bertambahnya jalur ini, jelas memperlambat “ritme” hidup kota, akan tetapi sekaligus berdampak pada bertambahnya tingkat keamanan dan kenyamanan bagi warganya.

Bersepeda dengan suasana santai, menyenangkan, dan sebagai arus utama dapat Anda temukan  di kota ini. Dan Amsterdam merupakan satu-satunya kota di planet ini yang memiliki spot-spot bersepeda paling banyak.

Adapun daftar kota-kota penerima Copenhagenize Index 2013 adalah :

 press_index_graphic - Copy

Sumber :

Property.kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s