Image

hati-hati mengangkat dan memindahkan ….

ohs-occupational-health-safety-cartoon

Advertisements

2 comments on “hati-hati mengangkat dan memindahkan ….

  1. Mengangkat dan membawa adalah pekerjaan yang membutuhkan tenaga. Ketika Anda mengangkat dan membawa dengan cara yang salah, Anda dapat merusak punggung Anda atau berakhir dengan cedera.

    Untuk menghindari kecelakaan kerja seperti itu. Berikut adalah beberapa tips yang berguna tentang cara mengangkat dan membawa benda dengan benar dan aman.

    1. Anda harus selalu melindungi tangan dan kaki Anda dengan mengenakan Alat Pelindung Diri yang sesuai.

    2. Selalu gunakan otot perut Anda untuk membantu pinggang di saat mengangkat.

    3. Periksa bawaan Anda dan pastikan sudah didistribusikan secara merata serta tidak menonjol atau memiliki tonjolan tajam.

    4. Periksa lajur yang akan Anda lewati untuk memastikan bahwa tidak ada benda-benda yang akan membuat anda tersandung dan jatuh.

    5. Gunakan lutut sebagai tumpuan, baik dalam mengambil maupun menurunkan benda. Jangan membungkuk atau memutar tubuh Anda sambil membawa benda.

    6. Pastikan berat beban sesuai dengan kemampuan Anda dan membuat Anda nyaman saat membawanya. Minta bantuan rekan jika beban terlalu besar atau terasa berat untuk diangkat oleh satu orang.

    7. Angkat dengan benar dan pastikan pijakan Anda kuat. Jaga punggung tetap lurus, tanpa melengkung atau membungkuk. Pusatkan tubuh Anda di atas kaki, dapatkan pegangan yang baik pada objek dan tarik hingga dekat dengan Anda. Angkat dengan kaki Anda, bukan punggung.

    8. Jika Anda perlu untuk mengubah jalur, putar badan beserta kaki Anda dan jangan hanya memutar punggung Anda saja.

    9. Untuk benda yang berada di tempat tinggi, gunakan tangga yang kokoh untuk mencapai beban tersebut . Dekatkan rak ke tubuh Anda, geser, dan ambil. Lakukan semua pekerjaan dengan lengan dan kaki, bukan punggung.

    10. Benda yang berada di bawah rak dan lemari membutuhkan perawatan ekstra. Tarik benda ke arah Anda sebelum Anda mengangkat. Gunakan kaki Anda untuk menambah daya angkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s