Sepatu keselamatan kerja ( safety shoes )

Sepatu keselamatan kerja ( safety shoes ) merupakan salah satu Alat Perlindungan Diri (APD) yang harus dipergunakan oleh karyawan/pekerja, untuk melindungi diri terutama kaki  dari kejatuhan beban atau terlindas kendaraan proyek. Dengan menggunakan sepatu ini, mudah-mudahan kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera yang parah akan terhindar.

Sepatu keselamatan kerja, bagi perusahaan, sebagai bentuk keperduliannya terhadap keselamatan kerja karyawan. Selain itu, merupakan suatu syarat juga untuk memperoleh ISO dan penghargaan nasional maupun internasional. Karena syarat untuk memperoleh pengakuan, keselamatan kerja merupakan hal yang harus diperhatikan, salah satunya persyaratan untuk mempergunakan sepatu keselamatan kerja.

Sepatu keselamatan kerja, digunakan oleh karyawan / pekerja pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang proyek pembangunan, perusahaan gas, perusahaan pertambangan, perusahaan oil company, kontraktor pembangunan jalan, karyawan di rig dan lepas pantai, perusahaan pertambangan, perhotelan, pengelolaan gedung, pabrik baja, pabrik mobil, pabrik pesawat dan banyak lainnya

Sepatu keselamatan kerja ( safety shoes ) memiliki kekhasan karena pada bagian depan atau bagian jari sepatu tersebut, diletakkan toe cap ( besi baja ) ringan, berfungsi untuk  melindungi jari-jari kaki. Karena berdasarkan pengalaman, kecelakaan kerja banyak terjadi terhadap jari-jari kaki.

26132981

Pada dasarnya, sole bawah sepatu keselamatan kerja terdiri dari :

Sole Bahan Synthetic, dimana campuran kimia synthetic yang padat, sehingga sepatu ini kuat dan keras. Sole bawah sepatu keselamatan kerja yang menggunakan synthetic, dipergunakan untuk lokasi kerja yang berat, seperti lokasi kerja yang banyak bahan kimianya, banyak benda-benda tajam atau pecahan kaca dan lokasi kerja yang lantainya sangat panas yang bisa mencapai 100 derajat celcius, sehingga sole sepatu keselamatan kerja yang terbuat dari bahan synthetic yang sesuai di pergunakan. Contoh : Pada perusahaan baja.

Sole Bahan Polyurethane, dimana pada bahan ini sole sepatu akan empuk dan ringan, sehingga sepatu keselamatan kerja yang menggunakan sole ini, sesuai dipergunakan oleh karyawan yang berada di lokasi pekerjaan yang tidak terlalu berat, seperti di gudang, di bagian produksi yang tidak ada pecahan-pecahan besi, atau benda tajam lainnya. Walau demikian, kadangkala ada konsumen yang bekerja di lokasi banyak benda tajam, tetapi meminta sole terbuat dari polyurethane yang katanya lebih ringan. Hal ini dapat dilakukan, apabila pada sepatu tersebut diantara sole bawah dan sole dalam diletakkan mid sole yang terbuta dari baja ringan, sehingga kaki dapat lebih aman dari tusukan benda tajam.

 

Advertisements

2 comments on “Sepatu keselamatan kerja ( safety shoes )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s