PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP DAN LAUT LAUT DUNIA DI CONSULATE GENERAL OF THE UNITED STATES OF AMERICA, SURABAYA

Oleh : Gregorius Budiono

 (george_budiono@yahoo.com, 082335759229)

 

            Setiap tanggal 5 Juni penduduk dunia memperingati hari lingkungan hidup, sedangkan hari laut diperingati pada tanggal 8 Juni. Dengan latar belakang sebagai mahasiswa jurusan teknik lingkungan kedua tanggal tersebut sudah pasti akan selalu diingat. Dan memperingati kedua tanggal tersebut sebagai hari lingkungan hidup dan hari laut dunia adalah sesuatu yang harus dilakukan di negeri Indonesia. Peringatan akan kedua hal tersebut dapat mengingatkan bangsa ini bahwa adalah suatu keharusan bagi suatu bangsa untuk menjamin lingkungannya agar tetap asri, jauh dari pencemaran sebagai yang semestinya.

Momentum tersebut kini difasilitasi oleh consulate general of the united states of america,  surabaya. Kami diundang untuk memperingati hari lingkungan hidup dan hari laut dunia pada tanggal 21 Juni 2013.  Acara yang bertema “Our Nature Our Future” ini dihadiri oleh begitu banyak orang dan memenuhi ruangan IRC di kompleks dengan tingkat keamanan yang sangat ketat tersebut. Awalnya penulis mengira bahwa acara tersebut hanya dihadiri oleh orang yang berasal dari surabaya, tetapi ternyata ada yang berasal dari jombang dan bahkan ada yang berasal dari Kupang, NTT. Peserta yang berasal dari Kupang pun menjadi peserta terjauh dalam acara yang berlangsung dari pkl 13.00 sampai pkl 16.00 tersebut.

Acara ini diisi oleh presentasi kegiatan dibidang lingkungan baik dari LSM maupun peneliti. Mereka adalah LSM Tunas Hijau yang mempresentasikan bagaimana penerapan ecoprenuer bagi siswa SD dan SMP di Surabaya. Ecoton menjelaskan bagaimana LSM ini berkonsentrasi melestarikan  mata air di daerah Jombang selama empat tahun terakhir. Menurut mereka hal ini berangkat dari kenyataan menyedihkan bahwa selama ini terjadi pengurangan jumlah mata air. Hal ini disebabkan banyaknya lahan hutan yang dialihfungsi menjadi permukiman, perkebunan, maupun pertanian. Nara sumber ketiga adalah seorang peneliti terumbu karang yang berasal dari Amerika. Mahasiswa tersebut melakukan penelitian di Lombok, NTB. Dia meneliti bagaimana cara membudidayakan terumbu karang yang baik.

Dari ketika nara sumber tersebut satu kesimpulan yang dapat diambil yaitu terjadi fenomena degradasi lingkungan di  negeri ini. Fenomena ini menuntut tindakan yang harus segera dilakukan dan harus dilakukan secara bersama-sama. Namun sampai saat ini hanya segelintir golongan yang prihatin atas kejadian ini. Hal ini terbukti dari begitu banyak pemberitaan tentang illegal logging, pencemaran laut, dll yang terjadi di Indonesia. Sehingga tidak heran jika akhirnya ada yang mengatakan bahwa ini adalah negeri bencana.

            Penulis berharap agar ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk segera menggulung lengan baju dan mulai bekerja untuk melestarikan lingkungan Indonesia. Terima kasih untuk CONSULATE GENERAL OF THE UNITED STATES OF AMERICA,  SURABAYA yang memfasilitasi acara ini. Walaupun peringatan hari lingkungan hidup dan hari laut dunia tidak dilakukan pada tanggal 5 atau 8 Juni, itu tidak mengurangi makna besar dibalik acara ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s