BIOPORI UNTUK KAMPUS ITATS

aaa

Gregorius Budiono

Ketua HMJ Teknik Lingkungan

Ada beribu alasan yang membuat saya bangga menjadi salah seorang mahasiswa di ITATS. Dengan segala kesederhanaannya ITATS telah mempersiapkan mahasiswanya untuk bersaing di dunia kerja. Kebanggaan itu terus menggelora dalam diri Penulis dan berusaha mempersembahkan sesuatu bagi kampus tercinta. Dan ketika penulis menjadi ketua HMJ, ada panggilan nurani untuk melakukan kegiatan yang berguna bagi kampus ITATS tercinta dan juga bermanfaat bagi anggota HMJTL sendiri. Kegiatan tersebut adalah pembuatan biopori di kampus ITATS. Pembuatan lubang resapan biopori ini bukanlah ide baru di HMJ TL. Ide ini sudah ada sejak lama di lingkungan HMJ TL tetapi urung dilaksanakan, dengan beragam alasan. Sehingga sekarang kami hanya menghidupkan lagi ide yang telah ada dan pastinya tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam pelaksanaannya.

Biopori adalah lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktivitas organisme di dalamnya seperti cacing, perakaran tanaman, rayap, dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resapan air, mengubah sampah organik menjadi kompos yang memanfaatkan aktivitas fauna tanah dan akar tanaman dan mengatasi masalah yang timbul oleh genangan air (http://www.biopori.com/). Salah satu fenomena yang terjadi di ITATS pada saat hujan adalah terdapat genangan air dimana-mana. Dan menurut kami fenomena ini adalah sebuah masalah. Dengan adanya biopori diharapkan mampu mengurangi masalah ini, sehingga menciptakan kenyaman bagi setiap insan yang ada di dalamnya.

Atas dasar kesepakatan semua pihak maka pembuatan biopori mulai dilakukan pada tanggal 5 Februari 2012. Dalam perencanaannya kegiatan ini dilakukan selama enam hari sehingga akan selesai pada tanggal 11 Februari 2013. Adapun jumlah lubang yang kami rencanakan adalah sejumlah 60 titik biopori yang tersebar di halaman kampus. Dengan antusias yang tinggi perkerjaan ini pun dapat diselesaikan sesuai rencana.

Ketika pembuatan biopori telah selesai maka sekarang HMJ TL dapat mempersembahkannya ke kampus ITATS. Kepuasan dan kebanggaan karena berhasil mempersembahkan sesuatu yang berguna bagi almater adalah sesutu yang tak dapat kami sembunyikan. Raut muka kebahagiaan tak dapat ditutupi lagi. Dengan segala keterbatasan ternyata HMJ TL dapat melakukan yang terbaik bagi kampus ini.

Dan lebih dari itu, ini adalah bukti bahwa HMJ TL benar-benar konsen terhadap lingkungan. Kini slogan ‘Satu Hati Untuk Lingkungan” bukanlah slogan tanpa makna. Slogan dengan beribu makna itu, kami wujudkan dengan apa yang dapat kami lakukan sehari-hari. Dan sekarang kami mewujudkannya dengan pembuatan biopori. Kegitan konservasi air di kampus ITATS yang telah kami lakukan adalah kegiatan yang mulia karena mampu meresapkan air ke dalam tanah dan mengurangi potensi banjir walaupun dalam skala kecil.  HMJ TL pun sadar bahwa kegiatan ini bukanlah akhir pengabdiannya bagi lingkungan. Bukan juga satu-satunya persembahan bagi almamater. Ini hanya salah satu dari serangkaian kegiatan kami yang berorientasi bagi lingkungan.

Dan akhirnya kami berterima kasih untuk semua pihak yang telah membantu HMJ TL dalam menyelesaikan kegiatan ini. Kami bekerja dengan hati sehingga kami mempersembahkannya dengan penuh cinta ke kampus terbaik ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s