Cara Cepat Lulus Kuliah

IMG_20130608_110422-1a

1. Motivasi Yang Tinggi

Tentu, dengan motivasi yang tinggi pasti akan sangat mempengaruhi proses perkuliahan. Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus tahu terlebih dahulu tujuan kita kuliah ini apa? Apa hanya sekadar main-main, gaya-gayaan atau memang niat serius untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini harus benar-benar diperhatikan.

.

2. Sudah Memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi dari Semester 4 atau 5

Hmhmmm… Untuk yang ini, mungkin ada benar dan salahnya. Pengalaman saya baru mikir skripsi semester 7. hahaaa. Tapi rata-rata mahasiswa yang lulus cepet, udah pada tau nih judul skripsi atau tugas akhir apa yang mau digarap. Minimal tau “Tema” apa yang mau dibahas. Ini memudahkan kita saat melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Jangan dateng ke dosen pembimbing tanpa tau apa yang mau kita bahas. Iya kalau dosennya baik hati dan mau membantu memikirkan apa judul kita, kalau tidak? Bisa kena semproooottt.

.

3. Mencari Literatur Sebanyak Mungkin

Ini tidak jauh dengan No 2, tapi lebih spesifik lagi. Setelah mereka memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi yang akan dibahas, mereka mempersiapkan Literatur seperti Buku, Jurnal Nasional dan Internasional, Penelitian-penelitian yang pernah membahas Skripsi atau Tugas Akhir mereka, dan lainnya. Ini akan sangat membantu ketika kita akan mulai menggarap skripsi atau tugas akhir kita.

.

4. Paham Apa yang Harus Dipersiapkan dan Dikerjakan

Mereka paham apa saja yang harus mereka persiapkan sebelum memulai skripsi atau tugas akhir seperti syarat-syarat administratif yang harus dilengkapi. Ini harus diperhatikan karena berhubungan dengan fakultas atau jurusan tempat teman-teman kuliah. Apakah mensyaratkan harus lulus ini, harus selesai ini, atau harus yang lain-lain. Tau format penulisan skripsi, penulisan nomor dan lain-lain.  Biasanya setiap universitas memiliki kriteria sendiri, jadi harus tau pedoman penyusunan skripsi atau tugas akhir temen-temen sekalian sesuai dengan fakultas/universitas tempat teman-teman kuliah.

.

5. Konsultasi yang Intens

Buat temen-temen yang dapet dosen pembimbing yang sulit ditemui, mungkin ini tidak berarti, tapi buat temen-temen yang dapet dosen yang mudah ditemui akan sangat berarti guna menunjang tugas akhir atau skripsi temen-temen sekalian. Sering-seringlah melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing dan mengikuti saran dari dosen pembimbing itu.

.

6. Gak Mudah Putus Asa

Ini hal yang penting, jangan mudah putus asa. Dalam menyusun skripsi, banyak banget godaan, halangan, rintangan dan apapun yang dapat menghambat skripsi kita. Contoh, Dosen yang susah ditemui, Dosen yang banyak mau, Literatur yang sulit didapat atau udah Nulis banyak-banyak tapi ditolak/dicoret mentah-mentah. Rasanya memang bener-bener nganggep Dosen itu orang paling T.E.G.A di dunia (Lebay). Jangan Mudah Putus Asa…!!! Terus berjuang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s